Lifestyle

12 Makanan yang Bisa Unggul Turunkan Asam Lambung & GERD

12 Makanan yang Bisa Unggul Turunkan Asam Lambung & GERD

– Melemahnya otot kerongkongan alias gastroesophageal reflux disease (GERD) Merupakan kondisi penyakit yang menjadi momok utama bagi sebagian besar orang. Manakala muncul, penyakit ini dapat menyebabkan rasa terbakar di dada (heartburn) Sampai saat ini rasa mual.

GERD terjadi ketika asam lambung yang diproduksi secara berlebihan naik ke kerongkongan. Bila fungsi kerongkongan terganggu, kerongkongan tidak Akan segera tertutup dengan benar dan membuat isi perut kembali ke kerongkongan sehingga menyebabkan gejala asam lambung.

Makanan Unggul untuk penderita GERD:

1. Jahe

Jahe Merupakan Resep anti inflamasi Unggul yang Mungkin Anda ketahui karena efektivitasnya dalam meredakan mual. Sekalipun penelitian belum membuktikan bahwa jahe memiliki sifat anti-asam, banyak orang Sudah menggunakan jahe sebagai pereda untuk refluks.

Sifat anti-inflamasi jahe dapat Membantu menekan produksi asam berlebih. Sebuah studi tahun 2023 menemukan bahwa suplementasi jahe selama empat minggu secara signifikan mengurangi sakit perut, rasa terbakar, dan mulas.

2. Oatmeal

Biji-bijian utuh seperti oatmeal Merupakan pilihan bagus lainnya untuk meredakan peradangan. Oat dapat menyerap asam lambung, mengurangi jumlah yang tersedia untuk dibuang ke kerongkongan. Karena oatmeal ini tinggi serat, tentunya ini Akan segera membuat Anda merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

3. Kacang-kacangan

Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat mengurangi refluks gastroesofagus sehingga mengurangi frekuensi mulas. Cobalah beralih ke lentil atau kacang-kacangan untuk mendapatkan banyak serat (belum lagi banyak protein nabati). 

4. Semangka

Semua H2O dalam semangka sangat menghidrasi. Itu Merupakan hal yang baik tidak hanya untuk kesehatan Anda secara keseluruhan tetapi Bahkan untuk keseimbangan asam di lambung. Makanan yang mengandung banyak air Membantu mengencerkan asam lambung, meminimalkan refluks. Sementara itu, semangka mengandung banyak antioksidan seperti likopen, karotenoid, dan vitamin C untuk mengatasi peradangan sistemik.

5. Melon

Sama seperti semangka, melon sebagian besar terdiri dari cairan. Setiap buah mengandung 90% air. Buatlah smoothie melon atau salad buah, dan biarkan camilan yang menghidrasi ini menenangkan asam lambung Anda.

6. Bayam

Bayam merupakan sumber kedua komponen ini karena merupakan makanan basa, bayam tidak Akan segera Mengoptimalkan asam di perut Anda.

7. Kale

Kale mengandung vitamin A dan C yang menunjang kekebalan dan kulit, vitamin K yang menunjang tulang, dan antioksidan pelindung kesehatan, kangkung menyaingi bayam dalam hal serat dan cairan.

8. Alpukat

Untuk melawan sakit maag, Harvard Health menyarankan untuk mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, seperti yang bisa Anda temukan dalam alpukat. Buah-buahan berwarna krem ini kaya Akan segera lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan dapat Membantu mengurangi peradangan.

9. Celery

Kandungan air yang banyak dan sifat non-asam dari celery ini membuatnya ideal untuk dimakan dengan GERD. Simpan beberapa potong celery di lemari es Anda untuk dibuat menjadi jus dicampur dengan apel.

10. Ubi jalar

Sayuran umbi-umbian Merupakan makanan lain yang Tidak mungkin tidak Akan segera mengisi serat Anda. Secangkir ubi tumbuk mengandung lebih dari 8 gram serat jadi tidak mengherankan Manakala Johns Hopkins Medicine merekomendasikannya sebagai salah satu makanan penangkal refluks Unggul.

11. Brokoli

Brokoli mempunyai banyak manfaat untuk pencernaan secara umum. Selain tinggi serat dan air, brokoli Merupakan sayuran basa yang tidak Akan segera menyebabkan peningkatan asam. Karena senyawa tertentu dalam daun hijau ini dapat menyebabkan gas, ini Mungkin bukan pilihan Unggul untuk semua penderita GERD.

12. Makanan fermentasi

Sebuah studi tahun 2023 menemukan bahwa kesehatan mikrobioma Mungkin berdampak pada kondisi esofagus seperti GERD. Makan lebih banyak makanan fermentasi Merupakan Trik Unggul untuk menjaga kesehatan bioma Anda. Cobalah mengonsumsi asinan kubis, yogurt, acar, atau kimchi secara teratur.



Artikel Selanjutnya


Benarkah GERD Bisa Sembuh Berkat Berpuasa? Ini Kata Dokter


Sumber Refrensi Berita: CNBINDONESIA

Tinggalkan Balasan

Back to top button