Lifestyle

Daftar 12 Negara yang Sebelumnya Hilang dari Peta Dunia

Daftar 12 Negara yang Sebelumnya Hilang dari Peta Dunia



Daftar Isi



Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Negara didefinisikan sebagai¬†wilayah tertentu yang luas, memiliki batas, merdeka, serta diakui kedaulatannya yang setiap warga negaranya Nanti akan terikat peraturan-peraturan yang berlaku. Peta dunia memuat Sebanyaknya wilayah di dunia yang memenuhi syarat untuk disebut sebagai negara.

Sekalipun demikian ternyata, ada beberapa negara dan bekas negara yang Sudah menghilang dari peta dunia. Ada banyak alasan di baliknya. Sebagian negara tersebut hilang karena berganti nama, bergabung atau terpisah menjadi entitas baru, dan kehilangan kedaulatan karena diambil alih negara lain.

Mengutip Unacademy dan ThoughtCo, berikut Merupakan beberapa negara yang Sebelumnya hilang dari peta dunia.

1. Cekoslowakia

Cekoslowakia merupakan negara di Eropa Tengah yang dibentuk pada tahun 1918 setelah mendeklarasikan kemerdekaan dari Austria-Hungaria. Pada 31 Desember 1992, negara ini berpisah secara damai membentuk Republik Ceko dan Slovakia.

2. Bengal

Bengal Merupakan negara di Asia Selatan yang berdiri sejak tahun 1338 sampai 1539. Sejak saat itu, wilayahnya dibagi antara negara India dan Bangladesh. Negara ini pun Sebelumnya tidak ada di peta dunia Hari Ini.

3. Austria-Hungaria

Austria-Hungaria merupakan sebuah negara di Eropa Tengah antara tahun 1867 dan 1918. Negara ini berbentuk monarki konstitusional dan meliputi wilayah Austria, Hungaria, sebagian dari Republik Ceko, Italia, Romania, Polandia, dan Balkan. Negara ini terpecah mendekati akhir Konflik Bersenjata Dunia I.

4. Kekaisaran Ottoman

Kekaisaran Ottoman atau Kesultanan Utsmaniyah merupakan salah satu negara yang Sebelumnya tidak ada lagi di peta dunia Hari Ini. Kekaisaran ini berdiri sejak tahun 1300 SM dan meliputi wilayah Rusia, Balkan, Hungaria, Turki, Afrika Utara, sampai Timur Tengah.

Pada tahun 1923, kesultanan ini jatuh saat Turki memerdekakan diri.

5. Prusia

Prusia merupakan kerajaan yang meliputi 2/3 wilayah Jerman bagian timur laut dan wilayah Polandia bagian barat. Mendekati akhir Konflik Bersenjata Dunia I, negara ini sepenuhnya dibubarkan.

6. Texas

Sejarah mencatat bahwa Texas pernah berstatus sebagai negara. Texas memerdekakan diri dari Meksiko pada tahun 1836. Pada tahun 1845, negara ini dicaplok oleh Amerika Serikat sehingga Hari Ini negara ini Sebelumnya tidak ada lagi di peta.

7. Kerajaan Tibet

Tibet dulunya merupakan kerajaan pada abad ke-7. Pada tahun 1950, Tibet ditaklukkan oleh China. Hari Ini, Tibet merupakan daerah otonom di wilayah Tiongkok.

8. Union of Soviet Socialist Republics

Union of Soviet Socialist Republics atau USSR merupakan salah satu negara komunis paling kuat selama berabad-abad. Pada tahun 1991, ngara ini pecah menjadi berbagai negara kecil, yaitu Moldova, Belarus, Turkmenistan, Armenia, Estonia, Georgia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Latvia, Lithuania, Rusia, Uzbekistan, Azerbaijan, Ukraina, dan Tajikistan.

9. Burma

Negara Burma “menghilang” dari peta dunia. Penjelasannya karena Burma berganti nama menjadi Myanmar pada tahun 1989. Tetapi, beberapa negara masih belum mengakui pergantian nama ini sampai Hari Ini.

10. Vietnam Selatan

Vietnam Selatan merupakan negara yang berdiri dari tahun 1954 sampai 1976. Bila Vietnam Utara merupakan negara dengan pemerintahan komunis, maka Vietnam Selatan menganut pemerintahan Sistem Pemerintahan. Pada tahun 1975, keduanya bersatu sebagai 1 negara tunggal.

11. Kerajaan Hawaii

Hawaii dulunya merupakan kerajaan selama beratus-ratus tahun sebelum Akhirnya diakui sebagai negara independen pada tahun 1840-an. Pada tahun 1898, negara ini dicaplok oleh Amerika Serikat dan menjadi bagian dari negara tersebut sampai Hari Ini.

12. Abyssinia

Sejarah mencatat bahwa Abyssinia pernah jadi bagian dari negara kerajaan di Afrika bagian timur laut. Di awal abad 20-an, Abyssinia terbagi menjadi Eritrea dan Etiopia.

Saksikan video di bawah ini:

Pejuang Eksim, Istri Legenda Bulu Tangkis Ini Ciptakan Skincare Natural

(hsy/hsy)

Sumber Refrensi Berita: CNBINDONESIA

Tinggalkan Balasan

Back to top button