Kesehatan

Favipiravir Medis Apa? Ini Aturan Pakai, Dosis, dan Efek Sampingnya

Favipiravir Medis Apa? Ini Aturan Pakai, Dosis, dan Efek Sampingnya

Jakarta

Favipiravir Medis apa? Favipiravir Merupakan Medis antivirus yang digunakan untuk mengatasi influenza. Medis ini Bahkan berpotensi untuk mengobati infeksi virus lain, seperti flu burung, ebola, demam lassa, dan Pandemi.

Dilansir situs DrugBank, favipiravir bekerja dengan menghambat enzim virus RNA polimerase. Enzim ini diperlukan virus untuk memperbanyak dirinya. Dengan begitu, favipiravir mencegah replikasi virus di dalam sel manusia.

Favipiravir mendapat lisensi di Jepang pada 2014 untuk mengobati Tindak Kejahatan influenza yang tidak responsif terhadap Terapi konvensional.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Melihat efektivitasnya dalam menangani beberapa jenis influenza, Medis ini diteliti Bahkan untuk mengobati virus lain yang mengancam jiwa, termasuk ebola, lassa, dan Pandemi. Di sisi lain, favipiravir berpotensi pula menjadi Medis flu burung.

Aturan Pakai Favipiravir

Favipiravir diindikasikan untuk orang dewasa berusia lebih dari 18 tahun. Belum ada cukup data penggunaan Medis ini pada anak di bawah 18 tahun, karena itu sebaiknya dihindari.

Medis ini tidak boleh digunakan oleh wanita hamil dan menyusui. Pengidap gangguan hati dan ginjal berat Bahkan tidak diperkenankan mengkonsumsi favipiravir.

Favipiravir termasuk Medis resep. Diperlukan konsultasi dan pemeriksaan dokter terlebih Pada Pada masa itu sebelum meminum Medis ini.

Bicarakan pula riwayat Kebugaran dan penyakit yang dimiliki kepada dokter sebelum konsumsi favipiravir. Medis-obatan yang rutin diminum Bahkan Sangat dianjurkan diberitahukan kepada dokter. Karena konsumsi favipiravir bisa berinteraksi dengan banyak Medis lain.

Kalau kamu belum lama disuntik vaksin flu Bahkan Sangat dianjurkan berkonsultasi dengan dokter sebelum minum favipiravir.

Dosis Favipiravir

Favipiravir berbentuk tablet dan dikonsumsi secara oral. Medis ini diminum sesuai anjuran dokter.

Dokter Bisa jadi meresepkan favipiravir untuk Terapi influenza selama 5 hari. Dosis 1.600 mg x 2 kali sehari untuk hari pertama. Dilanjutkan dosis 600 mg x 2 kali sehari untuk Terapi hari ke-2 sampai ke-5.

Efek Samping Favipiravir

Mengutip dari laman Vinmec, konsumsi favipiravir Bisa jadi Nanti akan menimbulkan efek, meliputi mual dan muntah, sakit perut, diare, dan penurunan nafsu makan. Medis ini Bahkan bisa Memanfaatkan enzim hati dan mempengaruhi sel darah.

Favipiravir yang diminum Pada waktu yang sama dengan Medis-obatan yang dapat memicu naiknya asam urat darah, Bisa jadi bisa Memanfaatkan atau memperparah serangan asam urat akut.

Sebelum konsumsi favipiravir, sebaiknya konsultasikan terlebih Pada Pada masa itu dengan dokter ahli untuk menghindari efek samping atau komplikasi lain yang Bisa jadi muncul.

(azn/fds)

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Tinggalkan Balasan

Back to top button