Kesehatan

Penjelasan Medis Benturan di Testis Bikin Ngilu Sampai ke Ubun-ubun

Penjelasan Medis Benturan di Testis Bikin Ngilu Sampai ke Ubun-ubun


Jakarta

Benturan di bagian tubuh manapun Pernah Tak perlu ditanyakan lagi bisa memicu rasa nyeri. Tapi di testis, nyerinya seringkali lebih menusuk, lebih ngilu, lebih…. sakit banget pokoknya sampai susah digambarkan dengan kata-kata.

Pastinya ada penjelasan medis kenapa testis atau buah zakar begitu sensitif terhadap trauma fisik, seperti benturan. Urolog dari Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Putu Angga Risky Raharja, SpU, FICS, mengatakan, hal ini berhubungan dengan sistem saraf.

“Ya karena testis sarafnya lumayan banyak ya, jadi ketika ada trauma atau benturan Pernah Tak perlu ditanyakan lagi terasa nyeri,” jelasnya dalam perbincangan dengan detikcom.


Dikutip dari WebMD, nyeri yang intens saat testis mengalami trauma Bahkan berkaitan dengan posisinya. Normalnya, testis terdapat di kantong zakar atau skrotum yang letaknya tergantung di bawah penis, di luar rongga tubuh.

Karena lokasinya tersebut, maka testis rentan mengalami trauma. Sekitar 85 persen Cidera testis terjadi karena benturan, antara lain:

  • Tendangan
  • Pukulan
  • Kecelakaan sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua
  • Kecelakaan sepeda gowes

Sebagian lainnya terjadi karena tertusuk benda tajam. Termasuk di antaranya, gigitan hewan, terjangan peluru, Sampai saat ini kecelakaan alat kerja.

Sumber Refrensi Berita: Detik.com

Tinggalkan Balasan

Back to top button